Jumat, 23 Desember 2011

[REFERENSI]Wayang Orang Bharata, Satu Yang Masih Bertahan

Kalau kalian sempat main-main ke Jakarta, sempatkan ke gedung satu ini. Namanya Gedung Wayang Orang Bharata, lokasi tepatnya di Senen, sebelum terminal Senen, Jakarta Pusat. Apa isinya? Ya, sebuah pertunjukan Wayang Orang, yang rutin dilaksanakan setiap malam minggu. Kalau kalian mau ngapel tapi bosen nonton film terus, cobalah nonton di sini.
Satu hal yang mengejutkan saya, saya kira penontonnya adalah sebagian besar orang-orang tua saja. Namun ternyata kalangan anak muda, dari yang datang berjalan kaki sampai naik mobil mewah pun ada. Wow, ternyata masih ada penikmat wayang orang yang ada di Jakarta, sebuah kota metropolitan yang sangat kita kenal.


Bagi kalian yang tidak mengerti bahasa Jawa, jangan kuatir. Di setiap pertunjukan, disediakan alat khusus berupa teks berjalan sebagai translater dan narasi cerita pada saat cerita berlangsung. Dengan tiket Rp. 35.000,- saja, kita dapat tempat duduk seperti di bioskop. Jangan kuatir bila anda lapar, kalian bisa memesan makanan pada penjual makanan di luar gedung, bahkan kalian bisa memakannya di saat acara berlangsung.
Mungkin inilah wujud kesenian yang bercoba bertahan di kota metropolitan, yang dulunya sangat digemari berbagai kalangan sampai sekarang. Kalau tidak kita coba lestarikan, kita tak mungkin menunjukkan ke anak cucu kita bagaimana kesenian tradisi kita sebenarnya seperti apa.

0 comments:

Posting Komentar