Kamis, 22 Desember 2011

[OPINI] Alat atau manusianya?

Pernah mengamati ga? Anak muda sekarang sudah banyak yang punya hobi fotografi, apalagi ditunjang dengan gear yang mantab, dan didukung semakin murahnya harga gadget fotografi, maka semakin menjamurlah para pehobi fotografi, plus dengan gear terbaru dan tercanggih.
Lalu muncullah anggapan bahwa hobi fotografi adalah hobi yang menguras isi kantong. Apalagi muncul fenomena berupa anggapan bahwa semakin mahal harganya maka akan semakin bagus hasilnya. Hehe, sah-sah saja sih beranggapan seperti itu. Tapi pernah ga kalian sadari, sebenarnya bukan alat yang menjadikan foto itu bagus, tapi orang yang pegang kameralah yang menentukan hasil dari foto tersebut. Bagaimanapun juga secanggih-canggihnya sebuah kamera atau lensa, brainware di balik penggunaan alat tersebut tetap memegang peranan terbesar.

Hal ini tidak melulu pada dunia fotografi saja. Di berbagai bidang lain juga berlaku demikian. Secanggih apapun tool yang kita gunakan untuk membantu mengatasi masalah, namun apabila dalam penggunaannya ternyata faktor manusianya tidak mengerti apa yang digunakan, maka hasilnya juga tak akan maksimal. Seakan-akan kita dibuai dengan kemudahan teknologi, namun sayangnya kita sendiri tak tahu bagaimana menggunakannya.
Dalam dunia fotografi, beberapa fotografer terkenal bahkan hanya menggunakan sedikit alat, namun mereka tahu bagaimana memaksimalkan alat mereka untuk hasil terbaik. Kebanyakan hasil karya mereka lugas, tegas dan tanpa banyak edit. Kalau saya sih masih banyak edit, itu pun belum bisa bagus juga, hihi. Tapi sebuah ketekunan tetap harus dipertahankan, untuk belajar dan untuk memaksimalkan apa yang kita punya, apa yang terbatas bagi kita, menjadi hasil yang tak terbatas. Selamat berkarya!

0 comments:

Posting Komentar