Rabu, 21 Desember 2011

[OPINI]Sekolah untukmu

Kalau mau sekolah..
Kudu kerja dulu…
Jadi sekolah buat apa kak?
Pertanyaan itu meluncur begitu saja, dari Yatun, anak perempuan asongan yang berjualan di pelataran Monas, Jakarta. Sebelumnya saya bertanya, kenapa jualan asongan? Dan mengapa dia tak bersekolah?
Saya juga bingung menjawabnya. Sungguh sebuah kenyataan yang baru sekarang saya menyadarinya. Yah, meski banyak anak usia sekolah yang kebetulan beruntung mendapatkan pendidikan, lebih sering dicekoki apa cita-cita mereka nantinya setelah lulus sekolah, namun pertanyaan tadi menunjukkan betapa sekolah pun belum cukup menjamin kelangsungan hidup anak-anak seperti Yatun. Minimal untuk mendapatkan nafkah.
Kadang di masa menuntut ilmu kita belum menyadari benar apa tujuan kita dalam menuntut ilmu itu sendiri. Padahal kenyataan di lapangan, betapa susahnya mendapatkan pekerjaan, atau bahkan ikut dalam persaingan ketika kita berusaha menciptakan lahan usaha baru.
Tulisan ini bukan untuk menurunkan semangat kalian dalam menuntut ilmu. Namun sekedar memberi gambaran, bahwa dunia kerja nantinya adalah dunia yang keras, suatu usaha survival yang membutuhkan semangat dan keuletan agar tidak hanyut atau bahkn tenggelam dalam persaingan.
Untuk saat ini saya hanya bisa menjawab kepada Yatun, “ Kalau kamu sekolah, kerjaan kamu ga bakal kaya gini terus. Bisa jadi nanti kamu kerja di kantor atau kamu punya perusahaan sendiri”

0 comments:

Posting Komentar