Kamis, 17 November 2011

[OPINI]Mahasiswa sekarang kurang fokus?

Kali ini saya akan membahas tentang diri sendiri, dan kita tentunya. Narsis? Yaa seperti kebanyakan anak muda sekarang lah, hihi. Bukan mau menggurui tapi berintrospeksi diri.
Sekitar seminggu ini saya merasa, beberapa keluhan dari dosen pengajar mengenai mahasiswa yang ga bisa fokus, ada benarnya. Beberapa hari ini, sebenarnya sudah sejak saya berkuliah dari hari pertama. Bahkan saya mengalami sendiri ketika menghadapi teman-teman dalam suatu proyek. Haduh, bikin capek! Sikap-sikap yang saya perhatikan selama ini contohnya : tak bisa fokus, selalu ramai di saat yang tidak seharusnya, selalu mencari perhatian, cuek dengan sekitarnya.
http://aditya-trihutama.blogspot.com/2011/04/realita-mahasiswa-jaman-sekarang.html
 Jleb!! Jleb!! Maaf kalo ternyata kena banget..hihi. Tapi sikap-sikap tersebut kok cocoknya masih dipake ketika masih SMA aja. Buat suasana kuliah sekarang kok kurang tepat. Di mana kita semua dikondisikan sebagai orang yang sudah dewasa, sudah saatnya kita menanggalkan kebiasaan-kebiasaan yang kekanakan khas masa-masa SMA. Kalau ada orang yang sedang presentasi, menjelaskan sesuatu atau dosen yang sedang mengajarkan mata kuliahnya, mohon untuk dihargai. Bayangin anda sedang presentasi, tapi audience anda ngobrol sendiri, bergosip bahkan tak mempedulikan anda sama sekali. Kadang saya berfikir, ni orang yang di depan orangnya penyabar banget kali ya, yang duduk pada rame kok dibiarin aja. Kalo saya jadi dia sih udah saya tinggalin.
Ada waktunya memang buat senang-senang, ada waktunya juga buat serius. Kalau pun anda sedang bad mood, jangan tularkan ke orang lain. Saatnya ketika anda dikondisikan sebagai orang dewasa, anda juga mengikuti kondisi sebagi orang dewasa. Yah, meski ada pepatah bilang "Umur boleh tua, tapi semangat tetep muda". Tapi tak selamanya anda akan menjadi anak SMA yang tak tahu caranya bersikap seperti layaknya orang dewasa. Kalau saya menganut pepatah "Work hard, play hard". Waktunya serius ya serius, waktunya santai ya bener-bener santai. Saya sendiri menemui orang-orang yang ga tau caranya menempatkan diri di tempat saya bekerja, dan nasibnya cuma menjadi bahan gurauan saja. Anda mau?



0 comments:

Posting Komentar